Posted by: kringsmi | December 1, 2007

Opini Minggu Ini

Akhir-akhir ini ada fenomena yang sedikit mengkhawatirkan yang terjadi dalam lingkungan menggereja kita, semakin banyaknya saudara-saudara kita yang berpindah haluan dari Katolik balik kanan ke aliran-aliran Protestan.

Mengkaji fenomena tadi dalam perbincangan-perbincangan dengan teman-teman yang masih setia dengan iman Katolik maupun teman-teman yang balik kanan berpindah haluan, terungkap alasan bahwa Gereja Katolik kurang mampu memberikan sajian yang menggigit, baik dari segi khotbah yang monoton dan tidak mengisi jiwa-jiwa yang dahaga, lagu-lagu yang terlalu mendayu-dayu sehingga membuat umat menjadi ngantuk, alhasil fenomena di atas lah yang terjadi atau menjadi alasan untuk malas ke gereja.

Untuk kita sebagai umat Katolik kita harus menyadari, bahwa khotbah yang bagus ataupun lagu-lagu yang semarak, hanya merupakan aksesoris, bahwa inti dari misa gereja Katolik adalah Liturgi Ekaristi. Namun kita tidak menutup mata juga bahwa kadang-kadang aksesoris itu bisa memberikan sesuatu yang beda dan bisa memberikan makna yang lebih dalam penghayatan iman kita.

Lalu apakah kita harus pasrah dengan kondisi gereja kita ? Atau kita bisa melakukan sesuatu yang kira-kira bisa menggairahkan hidup menggereja kita dan lingkungan terdekat kita. Bagaimana pendapat anda ? Jika anda mempunyai ide-ide yang kreatif bagaimana cara yang jitu agar kehidupan menggereja kita makin baik silahkan kirim pendapat anda ke :

Siekmei71@yahoo.com. Masukan dari anda pembaca sangat kami tunggu.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: